Jadwal Sholat

Kalender Hijriyah

Asma'ul Husna

Profil

Foto Saya
Syaiful Rohman
Hanyalah seorang Makhluk Allah SWT yang banyak berlumuran dosa, serta memohon akan ampunannya. Semoga semua dosa-dosa yang telah kulakukan semuanya dapat di ampuninya serta digantikan dengan kebajikan-kebajikan.Serta saat ini sedang mendambakan seorang kekasih yang dapat dijadikan sebagai pendamping hidup untuk melaksanakan sunnah Rosul Muhammad SAW...
Lihat profil lengkapku

Radio Muslim

TV Qur'an

Daftar Pengunjung

Nama-Nama yang Tersebut dalam Al-Qur'an

Nama-Nama Nabi. Dalam al-quran nama-nama nabi yang diutus oleh Allah yang mashur ada 25, yaitu:
1. Adam
Nenek moyang manusia, yaitu atas wazan af'ala, sifat mustaq (pecahan) dari Al-Adimah dan tidak menerima saraf (perubahan). Al-Jawaliqy berkata, " Semua nama Nabi adalah bukan dari Bahasa Arab, kecuali empat. Yaitu Adam, Shalih, Syuaib dan Muhammad. Ibnu Abi Hatim mengeluarkan dari jalur Ubay Adh-Dhuha dari Ibnu Abbas, berkata, "Dinamakan Adam karena diciptakan dari tanah yang 'adiim'".
Pendapat lain mengatakan, "At-turab dalam Bahasa Ibrani adam maka dinamai adam."
Ibnu Abi Khaisamah berkata, "Hidup selama 960 tahun". Imam Nawawi dalam Tahdzibnya menyebutkan bahwa umurnya adalah 1000 tahun.

2.  Nuh
Dari Bahasa Suryani yang berarti orang yang bersukur. Dalam Kitab Al-Mustadrak disebutkan dinamakan Nuh p karena banyak menangisi dirinya, nama aslinya yaitu Abdul Ghaffar. Dari Ibnu Abbas, "Antara Adam p dan Nuh p lamanya 10 masa (abad). Menurut banyak sahabat dia adalah sebelum masa Nabi Idris p.
Pendapat lain namanya adalah Nuh Bin Lamk. Dalam riwayat Imam Tabrani dari Abu Dzar berkata, "Wahai Rosulullah, siapakan nabi yang pertama kali?". Beliau bersabda, "Adam p ". "Lalu siapa?". Beliau bersabda, "lalu Nuh p dan antara keduannya ada 20 abad." Dalam hadist marfu'," Allah mengutus Nabi Nuh p ketika umurnya 40 tahun, lalu berdakwah dan tinggal bersama kaumnya selama 950 tahun, dan hidup setelah topan 60 tahun sehingga jumlah manusia menjadi banyak."

Ibnu Jarir menyebutkan Nabi Nuh p lahir setelah Nabi Adam p wafat 126 tahun. Dalam Kitab Tahdzib, Imam Nawawi meyebutkan dia adalah nabi yang paling panjang umurnya.
Faidah dari cerita Nabi Nuh:
  1. Sangat dahsatnya azab dari Allah pada orang-orang kafir menunjukkan besarnya taqdir Allah dan keperkasaan-Nya.
  2. Keteguhan orang-orang mukmin yang tetap tsiqoh dan tanpa takut dengan banjir, padahal hanya tinggal dalam perahu yang sederhana menunjukkan mereka sangat yakin dengan penjagaan dan jaminan dari Allah.
  3. Sudah menjadi sunatullah, kejadian yang ada didunia ini ada hukum sebab-akibat, yaitu pembuatan perahu, seandainnya Allah menginginkan keselamatan secara otomatis maka Allah Maha Menentukan akan hal itu.
Faidah dari cerita anaknya :
  1. Bagi bapak agar memilih wanita yang salihah karena sangat berpengaruh pada anak-anaknya.
  2. Bagi bapak harus memilihkan lingkungan bagi anak-anaknya karena sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan si anak.
  3. Anak sejak kecil harus mulai diarahkan pada hal-hal yang bisa menumbuhkan dan menguatkan  iman pada masa setelahnya.
  4. Wajib bagi anak untuk mengikuti bapaknya yang salih agar taat pada Allah dan mengikuti sunah nabinya.
Faidah dari jawaban yang benar dari Allah pada Nabi Nuh
  1. Kekerabatan itu didasarkan pada dien bukan pada nasab / keturunan.
  2. Hiburan bagi bapak yang anaknya rusak.
  3. Tidak ada hubungan penurunan dalam masalah kesalihan dam keturunan, tapi hal itu juga didukung dengan likungan dan faktor-faktor yang lain.
  4. Amal yang dianggap salih adalah amal yang berbuah di akhirat, bukan amal yang hanya sekedar menyelamatkan anggota keluarga misalnya.
3.    Idris
Menurut sebuah pendapat dia adalah sebelum masa Nabi Nuh p. Berkata Ibnu Ishaq, "Idris p adalah anak Adam p yang pertama kali  diangkat sebagai Nabi. Namanya adalah Akhnukh bin Yurod bin Mahlabil bin Anusy bin Qinan bin Syits bin Adam p."

Menurut Wahab bin Munabbih, dia adalah Idris adalah kakeknya Nabi Nuh p yang namanya Khunun dari Bahasa Suryani. Ada yang mengatakan dari Bahasa Arab mustaq dari dirosah karena karena banyaknya mempelajari lembaran-lembaran.

Dalam Kitab Mustadrak dengan  sanad dari Hasan dari Samuroh berkata, "Nabi idris p putih kulitnya, tinggi, gemuk perutnya, luas dadanya, sedikit rambut pada tubuhnya dan lebat rambut dikepalanya salah satu matanya lebih besar dari yang satunya. Didadanya ada tai lalatnya warna putih, ketika Allah melihat penduduk bumi banyak yang memusuhinya karena perintah Allah, Allah mengangkatnya langit ke-6.

Ibnu Qutaibah meyebutkan bahwa dia diangkat ketika berumur 350 tahun. Dalam riwayat Sahih ibnu Hibban disebutkan bahwa dia adalah nabi sekaligus rasul  dan dialah yang pertama kali menulis dengan mengunakan pena. Dalam Mustadrak disebutkan antara Nuh dan Idris adalah 1000 tahun.

4.    Ibrahim p
Penyebutan kata Ibrahim p berada pada banyak tempat diantaranya adalah dalam surat 2 ayat 124:  

"Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku". Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim".

Al Jawaliki berkata, "Itu adalah nama lama dan bukan dari Bahasa Arab dan orang-orang arab melafatkannya dengan Ibrahim p. Ada yang menyebutnya Ibraham. Dan dalam qiroa'ah yang tujuh tanpa huruf ya'. Nama Ibrahim p adalah dari Bahasa Suryani yang berarti Abun Rahimun ( bapak yang penyayang). Ada pendapat yang mengatakan nama itu adalah  musytaq dari kata Al-Barhamah yang berarti pandangan yang tajam. .

Bapaknya adalah Azar, yaitu Tarikh bin Nukhur bin Syarukh bin Raghu bin Falah bin 'Amir  bin Syalilikh bin Arfakhsyadz bin Sam bin Nuh p.

Al-Waqidi berkata, "Nabi Ibrahim p dilahirkan 2000 tahun setelah diciptakannya Adam p. dalam Al-Mustadrak dari jalan Ibnu Musayyab dari Abu Hurairoh berkata, "Nabi Ibrahim p disunat setelah berumur 120 tahun dan meninggal pada umur 200 tahun. Dan menyebutkan Imam Nawawi dan yang lainnya bahwa dia sampai berumur 175 tahun.

Faidah dari cerita Nabi Ibrahim p:
1.    Penyifatan Allah pada Ibrahim p dengan jujur sebelum diangkat menjadi Nabi, karena berhasilnya dakwah sangat tergantung pada keistiqamahan dan kebaikan latar belakangnya dalam pertumbuhannya.
2.    Bapaknya adalah orang yang bergelut dengan patung-patung,dan dialah yang paling pertama didakwahi.
3.    Bapaknya adalah penyeru kebatilan, maka hal pertama yang harus  dilakukan adalah bagaimana memusnahkan hal itu.
4.    Dalam dakwahnya, Ibrahim p memangilnya ayahnya dengan lafat ayah menunjukakan rasa sayang dan halusnya dalam berdakwah. 

5.    Ismail p
Al-Jawaliqi berkata, "Dikatakan bahwa namanya dengan menambahkan huruf nun pada akhirnya." Dan Imam Nawawi dan yang lainnya berkata, "Dia adalah anak sulung dari Ibrahim. p "

6.    Ishaq p
Selisih umurnya dengan Ibrahim p adalah 14 tahun, umurnya adalah 180 tahun dalam Kitab Nadimul-Farid disebutkan bahwa Ismail adalah dari Bahasa Ibrani yang berarti tertawa.

7.    Ya'qub p
Hidup Selama 147 Tahun

8.    Yusuf p
Dalam Sahih Ibnu Hibban, dari hadist Abu Hurairah secara marfu', "Yang mulia anak yang mulia anak yang mulia anak yang mulia adalah Yusuf bin Ya'qub bin Ishaq bin Ibrahim." Dalam Kitab Al-Muustadrak disebutkan dari Hasan bahwa Yusuf p ketika dibuang ( ke sumur ) ketika berumur 12 tahun dan baru bisa bertemu bapaknya setelah berumur 80 tahun dan meninggal dalam umur 120 tahun.

9.    Luth p
Ibnu Ishaq berkata, "Namanya adalah Luth bin Haran bin Azar". Dalam kitab lain namanya adalah Nabi Luth p adalah anak Nabi Harun saudara dari Ibrahim. Kaab berkata, "Dia adalah orang yang paling mirip dengan Nabi Adam p.

10.    Salih p
Yaitu bin Ubaid bin Khayir bin Tsamud bin Khayir bin Sam bin Nuh. Dan diutus pada kaumnya ketika baru menginjak dewasa, laki-laki yang pertengahan antara merah dan putih dan tinggal bersama kaumnya selama 40 tahun. Dalam kitab Al-Mustadrak disebutkan bahwa Salih p adalah dari bangsa arab, ketika Allah menghancurkan Kaum 'Ad maka muncul setelahnya kaum Tsamud lalu Allah mengutus seorang nabi yang masih muda yaitu Salih p lalu menyeru pada Allah. Dan tidak ada Nabi antara masa Nabi Nuh dan Nabi Ibrohim kecuali Hud dan Salih.
Ibnu Hajar dan yang lainnya menyebutkan, " Al-Qur'an menunjukkan bahwa bahwa kaum Tsamud adalah setelah masa Kaum 'Ad. Dalam Kitab Tahdzib disebutkan bahwa, "Allah mengutusnya ketika dia masih muda, dia adalah dari kalangan arab. Rumah-rumah mereka adalah antara Hijaz dan Syam. Lalu dia menyeru kaumnya selama 20 tahun lalu meninggal di Makkah dalam umurnya yang ke 58 tahun.

11.    Syuaib p
Dia adalah  dikatakan orator para nabi, diutus untuk 2 umat, Madyan dan Ashabul-Aikah. Dia banyak salat dan menjadi buta dalam masa akhir hayatnya. Pendapat jamaah, Kaum Madyan dan Ashabul Aikah adalah satu kaum. Ibnu Katsir mengatakan, " Yang menunjukkan hal itu adalah adanya nasehat agar menetapi takaran dan timbangan."  Sedang pendapat yang pertama beralasan dengan riwayat dari As-Sady dan Ikrimah.
Juga dalam riwayat Ibnu Asyakir dalam Tarikhnya dari hadist Abdullah bin Umar,secara marfu'. Pendapat yang lain bahkan dia diutus untuk 3 umat, yang ketiga yaitu Ashabu-Rass.

12.    Musa p
Yaitu anak Imran bin Yashhar bin Fahist bin Lawi bin Ya'qub, dan tidak ada perselisihan dalam nasabnya. Yaitu nama dari Bahasa Suryani. Abu Syaikh mengeluarkan dari jalan Ikrimah dari Ibnu Abbas berkata, "Dinamakan dengan Musa p karena dilemparkan diantara pohon dan air, air dalam Bahasa Qibti adalah mu, dan pohon adalah sa.
Tsa'laby berkata, "Hidup selama 120 tahun."

13.    Harun p
Dia adalah saudara kandung dari Nabi Musa p, tapi ada yang mengatakan adalah saudara seibu saja, atau seayah saja. Dia adalah lebih tinggi dan lebih lebih fasih, dia meninggal sebelum Nabi Musa p dan lahir setahun sebelumnya.
Dalam sebagian hadist tentang isra', "Saya naik kelangit kelima, saya melihat Harun p dan jenggotnya setengahnya putih dan setengahnya lagi hitam, memanjang sampai ke pusarnya karena panjangnya. Lalu aku bertanya, 'Wahai Jibril siapa ini?' . jawabnya, 'Orang yang cinta pada kaumnya, Harun bin Imran. p '"
Maksyawaikh menyebutkan, " Arti dari kata Harun dari Bahasa Ibrani yaitu orang yang mencintai."

14.    Dawud p
Yaitu bin Iy-Sya bin Uwaid ibn Ba'ir bin Salmun bin Yukhsyun bin 'Amy bin Yarib bin Ram bin Khudzrun bin Farish bin Yahudza bin Ya'qub. Ka'ab berkata, " Wajahnya merah, kepalanya lonjong, badannya putih dan jenggotnya panjang serata rambut depan telinganya melingkar. Ahlaqnya dan suaranya bagus. Dia adalah adalah seorang nabi dan raja. Berkata an-nawawi, "berkata ahli sejarah bahwa hidup selama 100 tahun dan masa kekuasaannya adalah 40 tahun, damn dia mempunyai 12 anak." 

15.    Sulaiman p
Beliau adalah anak dari Nabi Dawud p. Ka'ab berkata, " Dia adalah putih tubuhnya, gagah, khusu', rendah hati dan bapaknya banyak mengajaknya untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai masalah walaupun dia masih kecil, karena otaknya yang cerdas dan luasnya ilmu. Ibnu Jubair mengeluarkan bahwa Ibnu Abbas berkata, "Dua raja didunia yang mu'min yaitu Sulaiman dan Dzulqornain, dan yang kafir Namrudz dan Buhtanassar."
Ahli sejarah berkata, "Menjadi raja pada umurnya 13 tahun, memulai dengan membangun Baitul Maqdis setelah 4 tahun dan meninggal dalam umurnya 53 tahun."

16.    Ayyub p
Ibnu Ishaq berkata, " Yang benar dia adalah dari Bani Israil dan tidak ada nasab yang benar periwayatannya kecuali bahwa bapaknya  putih." Ibnu As-Sakir menyebutkan bahwa ibunya adalah anak perempuan Nabi Luth p, bapaknya adalah termasuk orang yang beriman pada Nabi Ibrahim p, oleh karena itu masanya adalah sebelum Nabi Musa p.
Ibnu Abi Khaisamah berkata, " Dia adalah setelah masa Nabi Sulaiman p, mendapat cobaan dari Allah dalam umurnya 70 tahun selama 7 tahun, atau 13 tahun, atau 3 tahun." Imam Tabrani meriwayatkan bahwa umurnya adalah 93 tahun.

17.    Dzulkifli p
Ada yang mengatakan bahwa dia adalah anaknya Nabi Ayyub p. Dalam Kitab Al-Mustadrak disebutkan dari Wahab, " Sesungguhnya Allah setelah Nabi Ayyub p mengutus anaknya, Basyar sebagai nabi, dan namanya adalah Dzul-Kifli p, lalu menyuruhnya agar mengajak pada tauhid, dan dia tinggal di Syam sampai wafatnya yaitu pada umurnya 75 tahun."
Berkata Ibnu Asakir, "Dikatakan dia adalah nabi yang yang dibebani dengan amal yang lebuh berat dari yang lainnya, atau ada yang mengatakan bahwa beliau adalah bukan seorang nabi. Nabi Ilyasa' p meninggalkannya dan membebaninya dengan berpuasa disiang harinya dan sholat pada malamnya. Juga dikatakan bahwa dia selalu salat setiap harinya 100 rakaat. Atau dia adalah Nabi Ilyasa' p cuma dia mempunyai dua nama.

18.    Yunus p
Yaitu Yunus bin Mata p. Dalam Tafsir Abdur-Razaq Mata adalah nama ibunya. Ibnu Hajar berkata, "Pendapat itu tertolak karena adanya Hadist Ibnu Abbas Dalam As-Sahih, nasabnya adalah ke bapaknya. Ada pendaapt yang mengatakan bahwa itu pada jaman Raja Persia.
Riwayat Ibnu Abi Hatim meyebutkan dari Abu Malik bahwa dia tinggal dalam perut ikan paus selam 40 hari, dari Jafar As-Sodiq yaitu 7 hari, dari Qotadah 3 hari.

19.    Ilyas p
Dalam Kitab Al-Mabda', disebutkan, yaitu bin Yasin bin Fanhash bin Al-Izar bin Harun saudaranya Musa bin Imran p. Wahab berkata, "Dia ditempatkan sebagaimana Khidir, dan dia akan tetap sampai akhir zaman."
Kalau dari Ibnu Mas'ud, dia adalah Idris p. Dia adalah nama dari Bahasa Ibrani. Dan dalam firman Allah kadang ditambah dengan ya' dan nun, seperti dalam kalimat, salamun 'ala ilyasain. Juga dalam kata idris menjadi idrisain.

20.    Ilyasa' p
Ibnun Jubaur berkata, " Yaitu bin Akhthub bin Al- Ajuz." Ada pendapat yang mengatakan dia adalah dari Bahasa Arab yaitu mustaq dari fiil wasi'a yasi'u.

21.    Zakariya p
Dia adalah dari keturunan Sulaiman bin Dawud. Terbunuh setelah anaknya terbunuh. Dia adalah sudah diberitahukan kelahiranya sebelim 92 tahun, atau 99 tahun, atau 120 tahun.

22.    Yahya p
Dia adalah anak Zakariya p, dia adalah nama yang pertama kali dinamakan Yahya menurut Al-Qur'an.dilahirkan 6 bulan sebelum Isa. Dibunuh secara aniaya dan Allah mengalahkan mengalahkan Buhtanasar dan tentaranya. Dinamakan Yahya karena Allah menghidupkannya dengan iman, dan pendapat lainya, karena dihidupkan dengan kasih sayang dari ibunya. Atau karena dia adalah syahid, dan seorang syahid adalah dia itu hidup.

23.    Isa p
Bin Maryan binti Imran, diciptakan Allah tanpa bapak, masa hamilnya adalah satu jam, atau 3 jam, atau 6 bulan. Diangkat ke langit dalam umur 33 tahun. Disebutkan dalam banyak hadist bahwa dia akan turun kedunia dan membunuh dajjal, menikah dan mempunyai anak. Lalu berhaji dan tinggal di bumi selam 7 tahun dan akan dikuburka disisi Nabi Salla Allahu 'Alaihi Wasallam.

Ada 5 nabi yang diberi nama sebelum lahir yaitu :
1.    Muhammad.H
2.    Yahya p.
3.    Isa p.
4.    Ishaq p.
5.    Ya'qub p.

Nama-Nama Malaikat
Nama-Nama Malaikat yang tertera dalam Alquran adalah :
1.    Jibril
Dari Ibnu Jarir bahwa setiap nama yang ada kata iel maka itu adalah hamba Allah. Dari Bahasa Ibrani. Jibril dalam nama malaikat adalah Pelayan Allah.
2.    Mikail
3.    Harut
4.    Marut
5.    Ar-Ra'd
6.    Orang Yahudi pernah menanyakan pada Rasululah H. Lalu beliau mengabarkan bahwa dia adalah malaikat yang bertugas mengurus awan.
7.    Al-Barq
Yaitu malaikat yang mempunyai 4 rupa, rupa manusia, rupa sapi, rupa burung elang, dan singa. 
8.    Malik, penjaga neraka.
9.    As-Sijl
Harut dan Marut adalah termasuk dari kelompoknya. Menurut riwayat dari As-Sa'dy, dia adalah pencatat amal, dan dikuatkan oleh Mujahid bahwa dia adalah pencatat keburukan. Dalam riwayat lainnya, jumlahnya ada 9.
10.    Dzul-Qurnain  

Nama-nama orang ang dulu yang selain para nabi
Nama-nama orang dulu yang selain para Nabi : Imran Bapak Maryam, [pendapat lain-bapaknya Musa p juga( temannya Harun p)], Uzair, Luqman (ada yang berpendapat dia adalah nabi, tapi yang lainya adalah tidak. Dalam riwayat Ibnu Abi Hatim, dia adalah orang dari Habasyi –Etopia, sekarang- dan tukang kayu.), Yusuf ( yang dalam Surat Ghafir ), Ya'qub dan  Taqiyy ( nama laki-laki yang menjadi manusia teladan ).

Nama-nama perempuan
Nama-nama perempuan yaitu Maryam ( dari Bahasa Ibrani yang artinya adalah pelayan dan Ba'la.
Nama-nama orang kafir
Nama-nama orang kafir yaitu Qorun ( bin Yashur anak paman Nabi Musa. Jalut, Haman, Azar ( artinya adalah patung/berhala ), An-Nasi' ( seorang laki-laki dari Bani Kinanah yang menjadikan Bulan Safar sebagai yang diharamkan dan menghalalkan harta rampasan. .

Nama-nama jin dan keturunannya
Nama-nama jin dan keturunannya yang tersebut dalam al-qur'an yaitu nenak moyangnya, Iblis (nama mulanya yaitu 'Azazil, Al-Harits, Fatrah, kunyahnya Abu Kardus / Abu Qatrah / Abu Murrah / Abu Lubaina.

Nama-nama kabilah
Nama-nama kabilah yang tersebut dalam alqur'an yaitu : Ya'juj, Ma'juj, 'Ad, Tsamud, Madyan, Quraisy dan Rum.

Nama-nama patung / berhala
Nama-nama berhala yang tersebut dalam alquran yaitu( yang aslinya nama manusia ) Wadda, Suwa', Yaghuts, Nasr-berhala Kaum Nuh, Lata, Uzza, Manat, Rajz, Al-Jibt, Taghut-berhala Kaum Quraisy, Rasysad-salah satu berhala Firaun, Ba'al-berhala Kaum Nabi Ilyas dan Azar.
Nama-nama negeri atau tempat atau daerah

Nama-nama negeri atau tempat atau daerah
Nama-nama negeri atau tempat atau daerah yang tersebut dalam alquran yaitu : Bakkah ( nama untuk Makkah ), Al-Madinah ( awalnya adalah Yatsrib-nama pada masa jahiliyah-karena ada yang meratapinya, atau dari nama orang yang pertama tinggal disana yaitu Yatsrib bin Wail bin Irm bin Sam bin Nuh. Dan Rasulullah membenci nama itu karena nama yang jelek- karena ats-tsarb artinya adalah kerusakan ats-tsasrib artinya penjelekan, Badar-aslinya nama orang dari Juhiunah-, Uhud, Hunain-tempat dekat dengan Thaif-, Jam'-Muzdalifah-, Masy'ar-gunung di Makkah-, Naq'-nama antara Arafah dan Muzdalifah-, Misr dan Babil, Aikah-negerinya Kaum Syuaib-.

Hijr-kampung Tsamud diujung Syam tapi masih ikut Wadil-Qura, Ahqaf-gunung pasir antara Amman dan Hadramaut atau nama gunung di Syam. Thur Sina'-bukit tempat Musa diseru oleh Allah, Tuwa-nama sebuah bukit- karena Musa melintasinya  pada malam hari atau nama bukit di Palestina karena disucikan 2 kali atau bukit di Ailah yang diberkati 2 kali.
Kahf-nama rumah digunung-, Raqim-nama desa dari Kahf atau nama bukitnya atau bukit antara 'Uqban dan Ailah atau menurut Anas bin Malik adalah nama anjingnya.

Nama-nama tempat diakhirat
Nama-nama tempat diakhirat yang tersebut dalam Al-Quran yaitu : Firdaus-nama jannah yang paling tinggi-, Illiyun-tertinggi sebelum Firdaus-, Al-Kautsar-sungai di surga-, Salsabil dan Tasnim-2 mata air di Jannah-, Sijjin-tempat ruh-ruhnya orang kafir-, Shu'ud-gunung di Neraka Jahannam. Ghay, Aatsam, Maubiq, Sa'ir, Wail, Sail, Sahiq-nama nama bukit di Jannah.

Nama-nama yang di di sandarkan ke tempat
Nama-nama yang di di sandarkan ke tempat yaitu Ummiy-yaitu Ummul Qura-, 'Abqory, Samiriy, Araby

Nama-nama bintang
Nama-nama bintang yaitu : Syamsy ( matahari ), Qomar ( bulan ), tariq dan syu'ara.

Nama-nama burung
Nama-nama burung (dalam Bahasa Arab tair artinya sesuatu yang terbang )yang disebutkan dalam alquran yaitu ada 10 : Salwa, Bu'udz, Dzubab ( lalat ), Nahl ( lebah ), Ankabut ( laba-laba ), Jarad ( belalang ), Hudhud, Ghurab ( burung gagak), Ababil Dan Naml-dan semuanya adalah nama burung karena perkataan Sulaiman, "kami diajari bahasa burung". Dalam riwayat lainnya bahwa namlah ( semut )yang ada pada jaman Sulaiman semuanya adalah punya dua sayap. 

REFERENSI :
  1. Al-Quran Al-Karim
  2. Syaikh Imam Abu Fadl Jalaluddin  Abdurrahman Abu Bakar As-Suyuthy, Al-Itqon Fi Ulumil-Quran, Jilid 2, Cet III, Th 1995 M-1415 H, Darul Kutub Al-Alamiyah, Beirut
  3. 'Imad Zuhair Hafid, Al-Qosos Al-Qurany, Cet I, Th 1410 H-1990 M, Dar-Al-Qalam, Beirut.
  4. Syaikh Imam Abu Fadl Jalaluddin  Abdurrahman Abu Bakar As-Suyuthy, At-tahbir fi ulumi-tafsir, Pentahqiq Zuhair Usman Ali Nur, cet I, th 1416 H-1995 M, Idarah Syu'unil Islamiyah, Qatar.

Kalender

Waktu

Gita Bahana Nada

Google Translate

Daftar Isi

Blog Archive

Yahoo Messenger

Buku Tamu


ShoutMix chat widget

Al-Qur'an Online